Minggu, 22 Mei 2011

Skripsi Ekonomi : ANALISIS EFISIENSI BIAYA PADA BANK UMUM SYARIAH DI NDONESIA MENGGUNAKAN XEFISIENSI



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Dewasa ini perbankan di Indonesia dihadapkan pada tingkat persaingan yang semakin ketat, oleh karena itu lembaga perbankan perlu meningkatkan kinerja untuk dapat bertahan dalam situasi krisis atau memenangkan persaingan dalam era globalisasi. Pelaku bisnis harus selalu siap menghadapi berbagai perubahan yang terjadi dengan cepat. Selain itu usaha perbankan juga dihadapkan pada berbagai macam risiko dalam menjalankan operasinya. Menurut Siamat (1993) dalam Kuncoro (2002)
Risiko yang dihadapi bank antara lain sebagai berikut : (1) Risiko kredit, merupakan risiko kegagalan atau ketidakmampuan nasabah mengembalikan jumlah pinjaman yang telah diterima dari bank beserta bunganya sesuai jangka waktu yang telah ditentukan; (2) Risiko investasi, berkaitan dengan kemungkinan terjadinya kerugian akibat penurunan nilai pokok dari portofolio surat-surat berharga. Penurunan nilai surat-surat berharga tersebut bergerak berlawanan arah dengan tingkat bunga umum. Oleh karena itu dalam situasi tingkat suku bunga yang berfluktuasi bank akan menghadapi kemungkinan risiko perubahan harga pasar atas portofolio investasinya; (3) Risiko operasional, merupakan ketidakpastian mengenai kegiatan usaha bank. Risiko operasional kemungkinan berasal dari kerugian operasional bila terjadi penurunan keuntungan yang dipengaruhi oleh struktur biaya operasional bank, dan kemungkinan terjadinya kegagalan atas jasa-jasa dan produk-produk yang ditawarkan; (4) Risiko penyelewengan, berkaitan dengan kerugian yang dapat terjadi akibat hal-hal seperti ketidakjujuran, penipuan, atau moral hazard dari pelaku bisnis perbankan baik pejabat, karyawan, atau nasabah.
Untuk meminimalkan risiko-risiko tersebut maka perbankan perlu bertindak rasional dalam arti lebih memperhatikan masalah efisiensi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan dengan beberapa alasan: Pertama, setiap perusahaan perlu mengetahui struktur biaya opersional mereka agar dapat menggali sumber daya yang ada secara lebih efektif dan efisien dalam menjalankan peran sebagai lembaga intermediasi. Kedua, dunia perbankan saat ini dihadapkan pada kompetisi yang bertambah ketat. Pengaruh era globalisasi dan abad informasi berdampak pada meningkatnya semangat deregulasi dan anti proteksi (Siswadi dan Arafat, 2004 : 164). Karena itu alat analisis yang tepat penting untuk mengetahui struktur biaya operasional bank guna menghadapi tantangan yang dihadapi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar